Minggu, 10 Januari 2010

Softskill gunadarma

Softskill adalah sebuah mata kuliah baru di universitas gunadarma. Sebuah mata kuliah yang mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk menulis sesuatu yang di post-ing ke dalam blog pribadi atau dalam sarana intern yang disediakan pihak Gunadarma, yaitu warta warga. Mata kuliah ini memiliki tujuan yang baik bagi seluruh mahasiswanya, melatih mahasiswa untuk terbiasa menulis dan merangkai kata, agar tidak menemui kesulitan pada saat mahasiswa tersebut menulis Penulisan Ilimiah (PI) atau skripsi.


Namun ada beberapa kelenahan yang menurut hemat saya terdapat pada mata kuliah Softskill ini, yaitu :
1. mata kuliah ini walaupun mewajibkan setiap mahasiswanya untuk menulis pada blog namun tetap saja, metode kopi paste masih bisa di lakukan.
2. tidak wajibnya pertemuan di kelas, membuat mahasiswa malas untuk mengikuti arahan-arahan dari sang dosen mata kuliah softskill tersebut. Maupun tidak adanya evaluasi cross cek, apakah kaidah dalam penulisan dalam blog yang telah dilakukan ada benar.
3. tidak ada nya evaluasi tes secara tertulis ataupun lisan, yang membuat mata kuliah ini tidak efektif. Secara tidak langsung mahasiswa akan sedikit menyepelekan mata kuliah ini.

Hal diatas adalah penilaian saya terhadap mata kuliah softskill yang ada di universitas gunadarma. Mudah-mudahan kedepan mata kuliah ini mendapat revisi dalam penyelenggaraannya. Agar tujuan awal yang ingin di capai oleh universitas dapat benar-benar tercapai.

Tidak ada komentar: